RSS

Tentang MBS (Manajemen Berbasis Sekolah)

03 Mei

Artikel ini kami buat dengan tujuan  untuk menambah  pengetahuan dan sebagai bahan rujukan pembaca mengenai MBS.  Mengapa kami memilih tema mengenai MBS ??? karena kami sebagai mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan peduli dengan mutu pendidikan yang berkaitan dengan Implementasi MBS selama ini. Untuk itu berikut Ulasan kami mengenai MBS, diantaranya :

  1. Pengertian Manajemen Berbasis Sekolah MBS

Dewasa ini pengertian MBS banyak diterjemahkan oleh banyak orang baik dari pakar pendidikan maupun  situs – situs internet lainnya, yaitu;

  • Menurut E. Mulyasa :

MBS merupakan salah satu wujud dari reformasi pendidikan yang menawarkan kepada sekolah untuk menyediakan pendidikan yang lebih baik dan memadai bagi para peserta didik. Otonomi dalam manajemen merupakan potensi bagi sekolah untuk meningkatkan kinerja para staff, menawarkan partisipasi langsung kelompok-kelompok yang terkait, dan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pendidikan.

  • Menurut Bedjo sudjanto

MBS merupakan model manajemen pendidikan yang memberikan otonomi lebih besar kepada sekolah. Disamping itu, MBS juga mendorong pengambilan keputusan partisipatif yang melibatkan langsung semua warga sekolah yang dilayani dengan tetap selaras pada kebijakan nasional pendidikan.

  • Menurut Wikipedia (2009)

MBS merupakan model aplikasi manajemen institusional yang mengintegrasikan  seluruh sumber  internal dan eksternal  dengan lebih menekankan pada pentingnya menetapkan kebijakan melalui  perluasan otonomi sekolah.  Sasarannya adalah mengarahkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kebijakan dalam rangka mencapai tujuan. Spesifikasinya berkenaan dengan visi, misi, dan tujuan yang dikemas dalam pengembangan kebijakan dan perencanaan.

Dengan adanya banyak pengertian diatas maka kami menarik kesimpulan bahwa MBS (Manajemen Berbasis Sekolah merupakan sebuah model yang mentransferkan energinya demi terwujudnya mutu pendidikan di sekolah dengan kwalitas yang bagus dan merupakan penerapan model otonomi pendidikan.

2. Karakteristik MBS

Manajemen Berbasis Sekolah merupakan sebuah model yang mempunyai konsep dasar dalam pendidikan sehingga mempunyai karakteristik khas. Terdapat empat Karakteristik, diantaranya:

a. Adanya otonomi yang luas kepada sekolah

b. Adanya partisipasi masyarakat dan orang tua siswa yang tinggi

c. Kepemimpinan sekolah yang demokratis dan profesional

d. Adanya team work yang tinggi, dinamis dan profesional

Dengan adanya karakteristik diatas maka Manajemen Berbasis Sekolah merupakan sebuah model dan program yang jelas.

 
 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: